Terapi Hipnotis yang Aman Cepat dan Efektif

Pernahkan sewaktu anda kecil anda dihukum dan kemudian dikunci di kamar mandi? Atau pernahkah anda dihukum oleh ortu dan disuruh masuk ke gudang yang kecil dan kemudian dikunci dari luar?

Ada seseorang yang mengalami phobia ruang kecil, atau lift/Claustrophobia. Setiap kali masuk dia merasa sesak nafas dan cemas. Aneh bukan? Karena kebanyakan orang nyaman-nyaman aja di ruangan kecil atau ruangant tertutup.

Dari hipnoanalisa yang didapat, ternyata waktu kecil seringkali  orangtuanya menghukum dia dengan cara memasukkan dia ke kamar mandi , sebagai hukuman atas tingkah laku dia yang tidak disenangi/tidak distujui oleh orangtuanya.

Hal itu sering dilakukan orang tuanya, dan suatu saat saat dia disuruh masuk ke kamar mandi dan orangtuanya menguncinya dari luar. Karena banyaknya pekerjaan yang diurus si ibu lupa kalau anaknya dikurung di kamar mandi dan si ibu pergi keluar sebentar.

Si anak yang ada di kamar mandi merasa  sudah seharusnya dia keluar,namun dia belum juga dikeluarkan.  Dia berteriak minta tolong, tapi tidak ada yang menyahut. Kepanikan datang menyerang dan dia benar2 panik,merasa tidak ada yang menolong dan mendengarkannya. Gemetar dan ketakutan melingkupi si anak.

Akhirnya orangtuanya datang, dan dia baru sadar kalau anaknya masih di kamar mandi dan belum dibuka. Ketika dia membuka kamar mandi, nampaklah anaknya sudah menggigil ,menangis dan perasaan takut sangat keliatan dari wajahnya. Si orangtua memeluk dia, namun terlambat hal ini telah memicu anak menjadi phobia ruang sempit.

Bagi si anak, ruang sempit itu adalah kengerian tersendiri, tidak aman, sendiri, tidak ada yang menolong dsb.  Kenapa hal ini bisa menjadi phobia ruang kecil? Karena adanya repetisi/pengulangan, dan karena adanya emosi yang intens(peristiwa dikurung dan tidak ada yang mendengar ketika dia minta dikeluarkan)

Bagaimana hipnoterapi mengatasinya? Dengan teknik regression dan gestalt dan forgiveness yang pasti.

Semoga menjadi pelajaran buat kita

Salam hidup lebih baik

Jimmy K Santosa,Cht-AHI

Comments on: "CLAUSTROPHOBIA: PHOBIA RUANG SEMPIT(LIFT,TOILET DLL)" (5)

  1. saya tak pernah mendapat hukuman seperti yg ada dalam artikel ini..tapi saya pernah terkurung di dalam ruangan yg memiliki suhu udara sangat rendah ..lebih kurang sekitar 2 jam tanpa pertolongan,,tpi tempat ini menurut saya tidak tergolong ruangan kecil,,tapi semenjak kejadian itu saya mulai merasa sangat2 tidak nyaman,bahkan lebih dari sekedar kata2 tidak nyaman,saya sering kali merasa ingin pngsan setiap kali saya berada di dalam lift,,

  2. tolong bantuanya ,,apakah saya juga tergolong mengidap,claustrophobia.

    • jimmyksantosa said:

      Bisa seperti itu pak. Segera hilangkan dengan hipnoterapi, dengan menghubungi hipnoterapis terdekat di kota anda. Thanks

  3. Saya pernah mengalam kemalangan dengan boat semasa memancing, sehingga menyebabkan saya terjatuh dalam air yang sangat dalam, yang hamper menyebabkan saya lemas. Namun saya bersyukur sebab sepupu saya sempat menyelamatkan saya. Saya tak pasti sama ada keadaan ini yang menyebabkan saya menjadi seorang yang mengalami claustrophobia, tapi saya dapat menyedari keadaan ni berlaku selepas saya mengalami kemalangan tersebut. Pertama sekali saya alami situasi claustrophobia ini semasa saya form 6 selepas kemalangan tersebut di mana saya dengan keluarga pergi menjamu selera di sebuah restoran . Semasa menunggu makanan siap saya sempat pergi ke atas dan semasa saya hendak keluar dari tandas tiba pintu tandas rosak dan tidak dapat dibuka daripada bahagian dalam. Selepas lebih kurang tiga minit berlalu, tiba-tiba saya rase cemas dan mula sesak nafas, saya menjerit meminta tolong supaya ada orang membuka pintu tandas tersebut..setelah hamper lima minit berada di dalam saya berasa kejang ketakutan dan pemikiran saya menjadi tidak dapat di kawal dengan bayangan negatif seperti membayang yang saya akan mati kesasak dan akan kurang udara, sedang keadaan udara dalam tandas mencukupi. Setelah daripada saat tu saya selalu mengalami keadaan yang sama terutama semasa berada di dalam lif, bilik tidur dan semasa stuck dalam LRT (Kereta api) . Jadi persoalannya di sini saya ingin mengetahui adakah kemalangan yang saya alami itu boleh menyebabkan saya claustrophobia?

    • jimmyksantosa said:

      Haloo..jawabannya bisa ya bisa tidak. Itu semua akan diketahui setelah terapi. Bisa digunakan age regression untuk mencari akar penyebab masalahnya. Semoga menjawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: