Terapi Hipnotis yang Aman Cepat dan Efektif

Seringkali  orang datang ke hipnoterapis belum mempunyai pandangan yang jelas, ada dalam pikiran orang tersebut : “ Saya nanti waktu terapi hipnotis mau diapain ya?”

Oleh karena itu saya merasa perlu untuk memberikan penjelasan apa sih yang sebenarnya anda lakukan selama proses hipnoterapi, apa sih teknik -teknik yang akan dipakai selama proses terapi . Semoga dengan penjelasan saya, anda semakin mengerti dan semakin bertambah pengetahuan yagn kita miliki

Berikut saya jelaskan beberapa  hal yang akan anda lakukan ketika anda melakukan terapi bersama saya:

1. Saya akan menanyakan terlebih dahulu apakah perasaan yang mengganggu anda itu dapat anda rasakan? Jika dapat saya akan menggunakan perasaan itu  sebagai jembatan emosi untuk membawa anda mencari akar masalahnya.  Teknik ini disebut Age Regression.

2. Apabila anda tidak dapat melakukan teknik pertama, kita melakukan teknik lain yang kita sebut dengan teknik Part Therapy/Terapi Bagian.

Apa maksud bagian itu?

Misalkan anda karyawan , dan anda semalam  baru tidur jam 4 pagi dan anda harus bangun lagi jam 6 karena anda harus bekerja. Ketika bangun anda pasti merasa ngantuk dan pengen tidur lagi bukan? Disisi yang lain , anda merasa anda tetap harus bangun karena tanggung jawab anda sebagai seorang karyawan yang harus masuk kerja. Anda pernah mengalami hal ini bukan??

Nah, yang dimaksud bagian itu adalah yang membuat anda ingin tetap tidur  itu adalah bagian, bagian yang ingin anda sehat. Bagian ini mikir :” Ehm, kamu ini baru tidur jam 4 pagi sekarang jam 6 udah bangun, yang bener aja? Ntar kamu sakit lagi! Ayo, udah bobok aja!!”

Disamping itu ada bagian lagi yang ingin anda bangun , karena tanggung jawab anda  sebagai karyawan. Bagian ini membawa pesan:” Salah sendiri tidur jam 4 pagi , udah tau besok mau kerja! Ayo bangun , kalau ga kerja nanti kamu bisa kena SP(Surat Peringatan) dari Bos !”

Nah itulah yang terjadi. Internal dialog yang terjadi begitu cepat .

Anda juga bisa bilang bagian itu sesuatu yang seolah-olah ngomong ke anda . Misal ketika anda di jalan dan bingung , sekarang mau belok kanan atau kiri ya?? Kemudian  anda merasa”feeling” belok kanan ah….nah itu juga bagian yang bilang anda untuk ke kanan.

Didalam part therapy ini kita menegosiasikan antara bagian yang satu dengan bagian yang konflik untuk mencapai solusi.

Penjelasan lebih detail tentang terapi bagian akan diberikan ketika anda berada dalam ruang terapi.  Paling tidak anda tahu , anda atau teman anda tahu apa yang terjadi selama proses terapi.

3. Melakukan Sugesti secara langsung

Saya akan melakukan sugesti kepada klien jika masalahnya sudah terselesaikan melalui teknik age regression atau part therapy. Karena sugesti akan lebih “ampuh” jika sumber masalah sudah diselesaikan.

Melakukan sugesti langsung pada klien akan efektif jika masalahnya berada di permukaan atau tidak terlalu berat/kompleks. Jika masalahnya berat/kompleks hanya memberikan sugesti tidak akan berpengaruh pada diri klien.

Nah , itu adalah beberapa hal yang akan dilakukan di ruang terapi. Tentu saja penjelasan lebih detail akan diberikan sebelum anda menjalani proses terapi. Semoga dapat memberikan pencerahan pada anda.

Salam hidup lebih baik,

Jimmy K Santosa,Cht-AHI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: