Terapi Hipnotis yang Aman Cepat dan Efektif

Dalam suatu sesi terapi di klinik hypnotherapy jakarta yang saya tangani, jika saya mendapati bahwa klien saya menemui saya karena bukan kehendaknya maka saya memutuskan tidak menerapi dan menyuruh klien saya pulang . Dalam pembicaraan dengan klien jika ada unsur ketidakterbukaan akan masalahnya dan saya merasakan dia menutup nutupi sesuatu maka saya juga menyuruhnya pulang dan tidak melakukan terapi.

Kenapa saya melakukan hal itu?

Karena saya ingin klien tahu bahwa tidak ada seorangpun yang bisa merubahnya kecuali dirinya sendiri. Jika klien tidak  berterus terang dan merasa terpaksa maka sebenarnya dia belum mau berubah. Klien harus MEMILIH berubah dengan TEKADNYA sendiri.

Saya bekerja dengan keyakinan bahwa semua terapi hipnoterapi pada dasarnya adalah self hypnosis, atau hipnosis pada diri sendiri. Jadi saya juga tidak bisa membantu klien saya berhenti merokok, saya hanya bisa membantu mereka menolong dirinya dengan cara menyadari manfaatnya jika dirinya bebas dari masalahnya dan juga yang sangat penting adalah KOMITMEN untuk berubah. Jadi yang terpenting yang saya jelaskan pada klien adalah hipnoterapi tidak akan bisa membuat mereka serta merta berhenti merokok jika tidak ada komitmen dalam dirinya sendiri.

Setiap sesi pertama saya akan memastikan apakah ini benar karena kehendakj pribadi atau tidak, jika bukan karena kehendak pribadi maka saya sarankan untuk pulang dan kembali saat dirinya sudah merasa siap untuk melakukan perubahan.

Jika klien sudah memastikan bahwa memang dirinya yang mau berubah,maka bisa dilanjutkan dengan sesi terapi. Banyaknya sesi tergantung pada kompleksitas masalahnya dan juga kemampuan klien dalam merespons sugesti dan juga tingkat penolakan di bawah sadar untuk berubah.

Jadi sebenarnya dalam sesi hipnoterapi itu bukan pengendalian pikiran. Terapis sama sekali tidak bisa mengendalikan pikiran klien. Klien tetap berkuasa atas pikirannya sendiri, sehigga jika klien belum mengijinkan dirinya untuk berubah maka intervensi terapi hipnoterapi dalam bentuk apapun tidak akan bisa membantu karena seakan akan ada benteng yang melindungi dirinya sendiri. Maka hipnoterapi hanyalah tools untuk mengetuh hati seseorang dan tergantung dari klien ini apakah dia bersedia membuka pintu itu dari dalam? Karena yang berkuasa membuka pintu dari dalam hanyalah dirinya sendiri dan bukan orang lain.

Semoga apa yang saya tuliskan disini yang sangat singkat ini dapat memperluas pemahaman anda tentang apa itu hipnoterapi.

 

Salam sukses

 

Jimmy K Santosa

 

Tinggalkan Balasan

